Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Rabu, 09 September 2015

Keindahan Hutan Hujan Tropika di Taman Nasional Gunung Leuser

Gunung Leuser

gunung leuser

Taman Nasional Gunung Leuser dinobatkan sebagai paru-paru dunia, cagar alam nasional dan cagar biosfir oleh UNESCO. Di samping itu, pemerintah Malaysia dan Indonesia menetapkan Taman Nasional Gunung Leuseur dengan taman nasional di Malaysia sebagai “Sister Park”. Taman Nasional Gunung Leuser berada pada lahan dengan luas mencapai 792.675 hektar dan berada pada ketinggian 3404 meter di atas permukaan laut.

taman nasional gunung leuser

Hutan Gunung Leuser sangat lebat dan memiliki ciri khas hutan hujan tropika dan hutan pantai. Di dalam hutan ini terdapat beberapa danau, sungai, sumber air panas, air terjun dan lembah. Ekosistem alam di hutan gunung Leuseur sangat beragam dan indah yang meliputi dataran rendah sampai pengunungan. Terdapat banyak sekali jenis satwa langka yang dilindungi di hutan ini mulai dari rangkong, kucing hutan, harimau Sumatera, siamang, orang utan, kupu-kupu, ular, burung, gajah Sumatera, rusa sambar, badak Sumatera dan kambing hutan. Di samping itu, terdapat juga tumbuhan ara dan berbagai jenis flora langka lainnya seperti bunga raflesia, daun payung raksasa dan bunga raksasa yang memiliki diameter mencapai 1,5 meter.


Terdapat 6 lokasi utama di Taman Nasional Gunung  Leuser ini yaitu Bukit Lawang atau Bohorok yang merupakan kawasan konservasi orang utan. Selain itu, terdapat kawasan Kluet yang memiliki wisata goa serta aktifitas wisata menaiki sampan di sungai dan danau. Gunung Leuser ini sering dijadikan sebagai lokasi pendakian gunung, sedangkan sungai Alas sering dijadikan sebagai lokasi arum jeram yang bisa memacu adrenalin. Gunung Leuseur juga sering dijadikan tempat perkemahan dan pengamatan fauna atau satwa yang dilindungi.

Copyright : Leuser-trek.net
Para wisatawan yang akan mengunjungi wisata Bukit Lawang atau Bohorok, akan lebih mudah ditempuh melalui kota Medan dengan jarak sekitar 60 km. Perjalanan tersebut akan memakan waktu sekitar 1 jam dengan menggunakan mobil. Jika wisatawan ingin mengunjungi kawasan Taman Nasional Gunung Leuseur di Tapaktuan (Aceh Selatan), bisa ditempuh dari kota Medan dengan waktu perjalanan sekitar 10 jam dan berjarak sekitar 260 km.

Socializer Widget
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Posting Komentar