Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Senin, 07 September 2015

Menelusuri Keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir

lake toba
Danau Toba terletak di wilayah Sumatera Utara yang merupakan danau vulkanik paling indah di Indonesia. Danau wisata ini memiliki luas sekitar 1145 km persegi dan berada pada ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Dengan ktinggian ini, danau toba seolah-olah terlihat seperti lauatan yang terletak di dataran tinggi. Selain itu, danau Toba merupakan danau paling luas di kawasan Asia Tenggara. Dengan kedalaman sekitar 450 meter, danau Toba pun dinobatkan sebagai danau paling dalam di dunia.

Terdapat sebuah pulau bernama Samosir di tengah - tengah danau Toba. Pulau ini mempunyau 2 danau kecil yakni danau Sidihoni dan danau Aek Natonang. Pulau ini menjadi tempat tinggal bagi suku Batak dan memiliki luas yang hampir sama dengan luas negara Singapura. Suku Batak yang menetap di pulau ini sampai sekarang masih memegang teguh kepercayaan leluhur mereka. Oleh karena itu, suku Batak di Samosir masih menjalankan beberapa ritual yang dilakukan oleh nenek moyang mereka pada jaman dahulu.

Danau Toba dikelilingi oleh beberapa air terjun, hutan pinus dan pemandian air hangat di dalam hutan tersebut. Di samping itu, panorama di sekeliling danau Toba sangat indah yang ditambah dengan dengan udara sejuk sehingga para pengunjung yang datang pun akan semakin betah berlama-lama di danau wisata ini. Bagi warga Batak di sekitar lokasi danau, ternyata danau Toba ini bukan merupakan objek wisata alam semata, akan tetapi mereka percaya bahwa danau ini merupakan tempat bersemayamnya 7 dewi suku Batak (Namborru). Masyarakat Batak di danau Toba akan berdoa dan meminta izin terlebih dulu sebelum melakukan kegiatan di sekitar danau supaya acaranya bisa berjalan lancar dan mendapat berkah.


Menelusuri keindahan danau Toba tidak bisa diselesaikan hanya dalam satu hari saja. Danau wisata paling terkenal di Sumatera ini memiliki banyak sekali hal yang menarik untuk dilakukan. Wisatawan dapat berlayar menuju pulau Samosir dengan menggunakan kapal sewaan dan bisa meminta berhenti di titik tempat wisata manapun yang diinginkan. Selama berada dalam kapal, wisatawan bisa menikmati panorama danau Toba dan sekelilingnya yang sangat indah dan menawan. Di samping itu, wisatawan bisa melakukan aktifitas wisata menarik lainnya seperti jetski atau banana boat.

Socializer Widget
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Posting Komentar